Rent Car Mobil Jadi Mudah dan Murah

Ulang Tahun Geopark Kaldera Batur

22 September 2013

Setahun sudah kawasan Kaldera Batur masuk dalam Global Geopark Network (GGN). Di ulang tahun pertamanva Minggu 22 September 2013, Bupati Bangli didampingi Kapolres Bangli serta Kodim mengibarkan tiga bendera di puncak Gunung Batur dengan ketinggian sekitar 1 717 meter dari atas permukaan laut. Tiga bendera yang ditancapkan adalah bendera merah putih, lambang Kabupaten Bangli, dan lambang Geopark Batur.

Pendakian dan pengibaran bendera di puncak Gunuung Batur juga melibatkan sejumlah pimpinan SKPD, staff dan anggota TNI Polri juga ikut terlibat. Rombongan dari Pemkab Bangli dibagi beberapa group. Pertama yang melakukan pendakian rombongan dan Bagian Humas Pemkab Bangli sekitar pukul 03.00 Wita atau dini hari dengan dikoordinasikan Kabag Humas. Di puncak Gunung Batur selain acara pemancangan bendera juga apel bersama yang dipimpin BupatiBangli. Pendaki juga diwajibkan memungut sampah plastik yang ditemukan dalam perjalanan sehingga Gunung Batur terlepas dari bahaya sampah plastik.

Kegiatan ini digelar untuk memperingati setahun Kaldera Batur masuk falam GNN dan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Bahkan dalam ulang tahun geopark tahun depan, Bupati Bangli berambisi menancapkan bendera di Puncak Gunung Agung. Tak hanya itu pihaknya juga bakal membuat grup pendaki gunung sehingga Pemkab Bangli dalam setiap ulang tahun geopark bisa melakukan pendakian. Menurut Bupati Bangli, Geopark merupakan perjuangan sehingga masyarakat diminta berhenti menjelek-jelekkan Kintamani. Pihaknya juga berupaya menertibkan maraknya penggalian material pasir. Diantaranya berdialog dengan sejumlah tokoh masvarakat setempat bersama Kodim. Polres untuk sepakat bersama-sama melestarikan kawasan Kaldera Batur.

Bupati Bangli menyadari banyak warga setempat yang menggantungkan hidup dan galian C. Bupati Bangli juga tidak mau lantaran kawasan geopark pendapatan masyarakat dan desa menurun. Pihaknya tidak bisa serta-merta menutup. Namun kata dia, perlu terobosan solusi dan melestarikan geopark. Sedangkan perwakilan warga mengatakan keberadaan geosite mana yang dilindungi harus jelas.