Rent Car Mobil Jadi Mudah dan Murah

Pantai Pandawa Bali

17 May 2014

Pantai Pandawa akhir-akhir ini menjadi primadona pariwisata pantai di Bali. Sebelumnya banyak orang yang tidak tahu keberadaan pantai ini, maka dari itu banyak wisatawan menyebutnya sebagai secret beach karena sebelumnya tidak banyak orang yang mengunjungi pantai ini. Menurut beberapa orang yang tinggal di sekitar Pantai Pandawa, menginformasikan bahwa pantai ini sejatinya telah lama dikenal akan tetapi akses jalan menuju Pantai Pandawa cukup sulit menyebabkan pantai ini sepi pengunjung. Namun, seiring waktu, pantai ini mulai terkenal tidak hanya bagi warga sekitar dan wisatawan domestic, namun merambah ke wisatawan mancanegara terutama yang suka surfing.

Banyak pula orang Bali yang belum pernah datang berkunjung ke Pantai Pandawa, padahal wisatawan asing luar Bali cukup sering mengunjungi pantai ini. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Berjarak kurang lebih 3 km dari kawasan wisata Nusa Dua dan Pura Uluwatu. Dahulu pantai ini sulit diakses karena letaknya diseberang tebing-tebing tinggi dan ditumbuhi semak belukar. Namun melihat pesona yang ditawarkan Pantai Pandawa, pemerintah Kabupaten Badung mulai membuat jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km menuju pantai dan melewati tebing-tebing berkapur. Tujuan pembuatan jalan ini untuk memperkenalkan Pantai Pandawa sebagai tujuan wisata bahari sekaligus sebagai penarik wisatawan untuk mengunjunginya. Kondisi jalan menuju Pantai Pandawa sangat berbeda dibandingan dengan pantai lainnya. Bisa dibilang akses jalan menuju Pantai Pandawa sangat unik, megah dikelilingi tinggi yang indah. Jadi wisatawan bisa menikmati keindangan Pantai Pandawa sebelum sampai ke bibir pantai.

pantai pandawa bali

Untuk mencapai Pantai Pandawa, wisatawan harus melalui jalan menurun dengan tebing kapur yang cukup tinggi di kanan dan kirim jalan. Di tengah perjalanan wisatawan akan menemui jalan sedikit mendatar yang dimana latar belakangnya terlihat Pantai Pandawa. Wisatawan bisa mengabadikan keindahan ini sambil berpose ria bersama keluarga atau teman. Tepat setelah itu di sebelah kiri, akan terlihat arca-arca indah dari tokoh pewayangan Mahabharata. Arca-arca ini berada di dalam tebing kapur, seolah-olah tebing kapur ini melahirkan arca-arca nan indah ini. Panda Pandawa menghiasi arca-arca di tebing batu kapur tersebut. Mulai dari arca Dewi Kunti, dilanjutkan dengan Yudistira lalu Bima, kemudian Arjuna dan terakhir si kembar Nakula dan Sahadewa. Jika wisatawan ingin mengabadikan gambar dengan latar belakang arca Panca Pandawa, disediakan pula tempat untuk foto atau sekedar lebih dekat untuk menikmati keindahan arca-arca ini.

Tentang keindahan Pantai Pandawa tidak diragukan lagi. Dihiasi pasir putih yang terbentang dari arah timur sampai barat menyambut kedatangan wisatawan untuk menikmati pantai ini. Deburan ombaknya yang tidak terlalu tinggi juga menambah eksotinya Pantai Pandawa. Warna air lautnya pun bergradasi biru memberi nilai tambah untuk pantai yang dikenal juga dengan Pantai Kutuh ini. Jika wisatawan ingin menikmati air pantai tampa harus perlu terkena air, tersedia jalan bebatuan yang dapat membantu wisatawan untuk lebih dekat dengan air pantainya.

Daya tarik Pantai Pandawa lainnyanya adalah aktivitas para petani rumput laut di sepanjang pantai. Selain itu bisa melihat aktivitas paralayang dan motor trail di atas bukit. Karena Pantai Pandawa berada dalam satu deretan dengan Pantai Gunung Payung, Desa Kutuh, wisatawan pun bisa menikmati pemandangan indah air terjun Pantai Gunung Payung yang tumpah ke pantai. Berada di pantai tentu saja kurang lengkap jika tidak berbasah-basahan. Pantai Pandawa menyediakan akomodasi untuk menikmati keindahan air Pantai Pandawa dengan berenang ataupun juga paragliding.

Jika wisatawan tidak ingin berbasah-basah, berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menikmati aneka jajanan yang disediakan tentu menjadi pilihan yang tepat. Wisatawan bisa menikmati kesegaran es kelapa muda sambil menikmati keindahan pantai dan semilir angin yang berhebus sejuk. Selain itu, kudapan rumput laut bisa juga dinikmati. Pantai Pandawa memang dijadikan tempat budidaya rumput laut dimana kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang budi daya rumput laut yang dijalankan oleh masyarakat sekitar sejak tahun 1980-an.

Selain sebagai pantai wisata, Pantai Pandawa juga digunakan untuk keperluan keagamaan tertentu terutama pada saat melasti (membersihkan benda-benda pusaka ke pantai secara semoni). Karena, datanglah ke Pantai Pandawa dan sewa mobil / rent car di tempat kami. Sopir kami akan senantiasa senang hati mengantarkan wisata ke Pantai Pandawa.